Web Yang Bersifat Penjualan (e-commerece)



Definisi E-Commerece

  ``Perdagangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia sejak peradabannya dimulai. Perdagangan merupakan transaksi jual beli antara penjual (pemilik barang) dan pembeli (yang membutuhkan barang). pada awalnya perdagangan dilakukan secara "barter" atau biasa dikenal saling tukar menukar barang, dimana pembeli harus memberi barang yang nilainya sama dengan barang akan dijual oleh penjual.Seiring perkembangan zaman perdagangan dilakukan dengan transaksi uang dengan barang, dimana uang sebagai media pembayaran dengan nominal yang ditentukan. 
Perdagangan selama ini terjadi karena kesepakatan antara pembeli dan penjual secara langsung bertemu, akan tetapi sekarag ini telah ada terobosan baru yang dikatakan dengan E- Commerce dimana transaksi jual beli dilakukan dengan media elektronik. E-Commerce memiliki 4 segi defenisi yaitu : 

  1. Dari segi perspektif komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
  2. Dari segi perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  3. Dari segi perspektif layanan, E-Commerce merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
  4. Dari segi perspektif online, E-Commerce kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Demikianlah, banyak yang lebih suka menggunakan istilah e-businees, yang mengacu pada definisi E-Commerce secara lebih luas, tidak sekedar menjual dan membeli, namun juga berarti melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan patner bisnis, serta pelaksanaan transaksi elektronis dalam suatu organisasi.
E-Commerce juga dapat diklasifikasikan dengan beberapa jenis transaksi yaitu :
  • Business-to-business (B2B). Kebanyakan E-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. E-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert.
  • Business-to-consumer (B2C). Ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen, atau seorang pelanggan. Contoh yang lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dan sebagainya.
  • Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya.
  • Consumer-to-business (C2B). Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk-produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
  • Nonbusiness E-Commerce. Dewasa ini makin banyak jumlah lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya, memperbaiki purching) atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
  • Intrabusiness (Organizational) E-Commerce. Yang termasuk dalam kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasnya dijalankan di Internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi.
Juga E_Commerce memiliki manfaat yang dapat dirasakan antara penjual dan pembeli, adapun manfaatnya sebagai berikut :
  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  • Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
  • Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pkiran serta berbagai pengalaman.
  • Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja,
  • Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,
  • Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa
  • Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, transportasi dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik

1.    Sistem Pembayaran Dengan Credit Card
Sistem pembayaran dengan menggunakan credit card adalah metode yang pembayaran yang paling banyak digunakan secara online. Beberapa cara atau kategori untuk penggunaan credit card sebagai metode pembayaran :
- Metode enkripsi dengan menggunakan protokol SSL.
Cara kerjanya yaitu protocol mengamankan atau memproteksi informasi credit card yang dikirimkan oleh cardholder ke merchant dengan menggunakan public key dan private key encryption.
- Metode Three Party Payment System.
Atau disebut juga verifikasi pihak ketiga. Yaitu terdapat pihak ketiga yang berfungsi sebagai tempat atau gerbang pembayaran (payment gateway). Cara kerjanya yaitu cardholder memberikan informasi credit card kepada pihak ketiga. Dan payment gateway akan melakukan otorisasi. Dan mengirimkan hasil otorisasi berupa suatu kode kepada merchant. Kemudian merchant akan mengirimkan barang kepada pembeli (cardholder). Salah satu contoh adalah menggunakan SET (Secure Electronic Transaction).

2.   Sistem Pembayaran Off-line Dengan SmartCard
Sistem pembayaran off-line ini diterapkan apabila merchant sulit terhubung on-line ke suatu bank untuk melakukan otorisasi pembayaran.
Cara kerjanya yaitu cardholder memasukan uang ke dalam smart card yang disebut dengan uang elektronik, melalui ATM bank atau internet, dimana uang tersebut digunakan untuk belanja atau melakukan transaksi di internet.
Setelah cardholder melakukan transaksi, pada selang waktu tertentu, merchant akan menagih nota penjualan kepada bank. Yang mana nota penjualan tersebut adalah yang diberikan oleh cardholder kepada merchant. Dan sistem pembayarannya menggunakan smartcard dan metode kriptografi. Sistem ini adalah sistem yang paling baru diterapkan saat ini.
Bentuk sistem order dan pembayaran e-commerce bermacam-macam, cara kerja setiap sistem juga berbeda-beda, dan setiap sistem mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.
Modul sistem metoda pembayaran software toko online eCommerce Indonesia, sebagai berikut:
  • Sistem integrasi dengan penyedia layanan transaksi / pembayaran online menggunakan kartu kredit, antara lain:
    • 2Checkout (2checkout.com)
    • Ikobo (ikobo.com, termasuk international money order)
    • PayPal (paypal.com)
    • Authorize.net
dan sebagainya akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan pemakai account Toko Online E-Commerce Indonesia.
  • Sistem Pembayaran secara offline:
    • Module Kartu Kredit bagi yang punya merchant account untuk diproses secara offline. (catatan: untuk menghindari terjadinya fraud, kami akan mengaktifkan hal ini hanya untuk perusahaan yang telah memiliki merchant account serta dapat membuktikannya.
    • Module Cash on Delivery (COD)
    • Module Transfer Bank / Deposit.
    • Module Check (Cheque) / Money Order.

Berikut ini contoh Implementasi dari Web E-Commerece KASKUS FJB : 

Forum jual beli
adalah sebuah forum jual beli dari website KASKUS yang dikenal sebagai FJB KASKUS (subforum dari Kaskus). Definisi dari FJB Kaskus ini sendiri adalah sebuah website yang menyediakan wadah pertemuan online antara para penjual & pembeli pada umumnya serta antara para Kaskuser (sebutan untuk pengguna KASKUS) pada khususnya.


FJB (Forum Jual Beli ) memiliki sub-forum sebagai berikut:
  1. Antik,
  2. Art & Design,
  3. Baby & Kids Stuff ,
  4. Bisnis, Industry & Supplier,
  5. Buku,
  6. Camera & Aksesoris,
  7. CD & DVD,
  8. Collectibles,
  9. Computer,
  10. Elektronik,
  11. Face & Body Care,
  12. Fashion & Mode,
  13. Flora & Fauna,
  14. Food, Drink & Medicine,
  15. Furniture,
  16. Handphone & PDA,
  17. Hardware & Tools,
  18. Kerajinan Tangan,
  19. Musical Instrument,
  20. Otomotif,
  21. Peralatan Kantor,
  22. Peralatan Rumah Tangga,
  23. Perhiasan & Jam Tangan,
  24. Property,
  25. Services,
  26. Sports Equipment,
  27. Ticket Events,
  28. Tour & Travel,
  29. Toys & Hobbies,
  30. Web Hosting & Services,
  31. Video Games,
  32. Readme,
  33. Review,
  34. Others,
  35. Feedback dan Testimonial.




    Metode Bertransaksi
FJB Kaskus memiliki beberapa cara/metode bertransaksi yang biasa digunakan, yaitu :

1.CASH ON DELIVERY (COD)
Sebuah sistem transaksi jual beli yang dilakukan dengan bertatap muka (bertemu) langsung antara Pembeli dan Penjual setelah terjadi kesepakatan. Secara sederhana yaitu sistem jual beli dengan bertemu muka, cek kondisi barang dan kelengkapan, negoisasi, lalu bayar.
2. REKENING BERSAMA (REKBER)
Rekber adalah perantara/pihak ketiga yang membantu keamanan dan kenyamanan transaksi online Anda. Sebagai pembeli, Anda tidak perlu ragu untuk bertransaksi atau merasa was-was ketika barang yang dibeli tidak kunjung datang. Sementara sebagai penjual, Anda tidak perlu bersusah payah membangun reputasi dan juga terhindar dari kecurigaan-kecurigaan berlebihan sehingga barang dagangan tidak laku-laku.


3.  KASPAY 
KasPay adalah sistem pembayaran online dari PT DARTA MEDIA INDONESIA. Layanan transaksi ini dapat digunakan di Kaskus dan situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer (Top Up), sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit. Keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi. Dengan KasPay, transaksi online semakin mudah, cepat dan aman tanpa perlu kartu kredit. Cukup dengan membuat account di KasPay, Anda langsung dapat bertransaksi sebagai pembeli atau penjual atau bahkan keduanya sekaligus.


KASPAY                                 4.   4.TRANSFER
Sistem ini dilakukan dengan pembayaran melalui Transfer ke Rekening Pribadi Penjual oleh Pembeli.

2.2    Pengiriman Barang

Khusus untuk yang menggunakan cara REKBER dan TRANSFER dalam bertransaksi,  barang dapat dikirimkan menggunakan salah satu dari banyak jasa pengiriman barang yang terdapat di Indonesia. 
nah ,di bahasan yang terakhir sedikit cerita dari pengalaman ane gan ..CEKIDOT  !!!
  
Kelebihan FJB KASKUS
1.      -Tingginya trafik harian
2.      -Aturan / rules yang Mudah Dipahami
3.      -Pilihan Metode Transaksi yang bermacam-macam
4.      -Barang dagangan yang variatif
5.         Effisien
6.    -  Tersedianya negoisasi / tawar menawar harga, baik melalui Private Message (antar 2 pihak), maupun secara   terbuka (forum).
7.      -Relatif Murah
8.      -Reputasi User (menentukan apakah User dapat dipercaya atau tidak)
9.     - Kemudahan dalam navigasi/kontrol post
10. - Tampilan yang menarik dan ergonomis.

 Kekurangan FJB KASKUS
1.      -Rawan Penipuan ( ane pernah  ketipu juge gan )  

2.      -Menuntut ketelitian calon pembeli ( liat reputasi si penjual dan banyak nya testimonial dari produk yang dijual, klo belum ada testi dari pembeli saran ane mending pake REKBER aja )

3.      -Mudahnya membuat Fake-ID (Klonengan) untuk menaikkan reputasi Prime-ID sehingga Seller lebih terlihat   meyakinkan. ( nah ini juga , pernah ane liat juga ID klonengan baru 2 hari bikin id udeh dapet ISO menurut ane kek doi pake BOT , agan mesti teliti jg sebelum membeli CMIIW )

an ane ambil kesimpulan dari pengalaman ane selama ane di KASKUS

Curigai Pedagang yang Menjual Barang dengan Harga Terlalu Miring (Murah)



Kalo anda menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga standar (normal) barang tersebut di pasaran, ada kemungkinan mereka adalah penipu. Biasanya mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual adalah barang BM (Black Market). Jangan langsung percaya, ada baiknya anda pikir-pikir dulu untuk bertransaksi dengan pedagang semacam ini.

Curigai Pedagang yang Mendesak Anda untuk Segera Mentransfer Uang untuk Pembayaran Barang.

Hati-hati dengan penjual yang mengharuskan anda mentransfer uang terlebih dahulu sebelum anda melihat dan mengecek kondisi barang yang mereka jual. Biasanya mereka beralasan butuh uang atau sebagainya.

Waspada dengan Pedagang yang Tidak Berdomisili di Daerah Anda.



Selain itu, biasanya mereka juga mengaku berdomisili di luar pulau yang teramat jauh dari tempat domisili anda, sehingga tidak mungkin untuk bertemu muka untuk mengecek kondisi barang.

Usahakan Melakukan Transaksi Pembayaran Secara Cash On Delivery (COD) atau Cash and Carry (CnC)

Kalau anda tinggal di kota yang sama dengan penjual, sangat disarankan anda mengajak si penjual bertransaksi secara langsung dengan temu muka atau kopi darat yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) atau Cash and Carry (CnC). Kalau si penjual menolak, waspada dan pertimbangkan masak-masak, kemungkinan dia punya niat untuk menipu anda.

Bertransaksilah Dengan Penjual yang Pernah Bertransaksi dengan Orang yang Anda Kenal.

Lebih baik membeli barang di penjual yang sudah terbukti jujur bukan? Jadi, sebaiknya anda mencari referensi dulu dari rekan rekan anda, dimana mereka pernah membeli barang yang sejenis dengan barang yang sedang anda cari.

Merupakan Nilai Plus Jika Si Penjual Memiliki Toko Online Atau Website.

Website atau toko online yang dimiliki oleh seorang pedagang boleh dikatakan sebagai bukti kuat bahwa ia adalah pedagang yang dapat dipercaya, karena, banyak sekali penipu yang tidak mempunyai toko online atau website alias hanya mengandalkan platform gratis seperti Facebook atau Kaskus Jual Beli, atau forumjualbeli lainnya. Namun, itu bukan harga mati, banyak pula pedagang jujur yang hanya memanfaatkan forumjualbeli dan memang benar-benar dapat dipercaya.

Amati Berapa Lama Ia Bergabung dalam Forum, Bagaimana Reputasinya, dan Bagaimana Testimonial (Kesaksian) Orang-orang yang pernah bertransaksi dengan Si Penjual.

Meskipun ini bukan syarat mutlak, namun lama bergabungnya seseorang dalam suatu forum seperti kaskus jual beli, Facebook, atau forumjualbeli lainnya bisa dijadikan alasan apakah anda patut mempercayai si penjual. Selanjutnya perhatikan juga bagaimana testimonial orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak dan semakin positif testimonial yang diberikan orang, makin baik pula layanan yang ia berikan selama ini.

Manfaatkan Jasa Pihak Ketiga yang Terpercaya.

Apabila anda melakukan transaksi dalam jumlah dan nilai yang cukup besar, ada baiknya anda memanfaatkan jasa perantara (pihak ketiga) semacam rekening bersama yang biasa tersedia pada forum jual beli seperti kaskus jual beli. Memang ada fee atas jasa yang mereka berikan, namun sangat sepadan dengan keamanan dan kenyamanan transaksi yang anda peroleh. Carilah referensi dari rekan rekan anda, manakah pihak penyedia layanan rekening bersama yang dapat dipercaya.

 jika ada teman-teman yang mau menambahkan atau mengomentari silakan memberikan tanggapan via komentar




a











 


Responses

0 Respones to "Web Yang Bersifat Penjualan (e-commerece)"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Categories

Followers

jadwal solat

free counters
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors